Gagasan

Ruang gagasan ini adalah ruang yang berisi karya-karya proyek personal, yakni keisengan dalam menuangkan ide atau gagasan dengan menggunakan medium fotografi. Proses pengerjaan karya-karya proyek personal bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun juga bisa dalam waktu yang relatif lama, karena memerlukan penelitian dan penggalian data.

Trash Artifacts

Meminjam metode arkeologi, saya mencoba mengumpulkan barang-barang (sampah) di tempat-tempat ‘kumpulan’ air, (seperti sungai, danau, loloan, pantai dll) dan membuat dokumentasi, yang menginformasikan tentang perilaku dan pola hidup manusia di sekitar tempat-tempat itu. Fotografi sebagai cara untuk melihat, menggambarkan masa lalu dan sepenggal sejarah yang tidak hanya ketika foto diambil tetapi juga saat foto itu dilihat di waktu yang berbeda.

*Klik foto untuk membaca lengkapnya..

Hidden Objects

Pada keisengan kali ini, saya mencari dan menemu-pilihkan sampah-sampah plastik (+beling) yang 'tersembunyi' diantara sampah-sampah kayu di Pantai Ketewel. Sampah temuan saya tersebut, jika dibaca (+dimajinasikan) sebagai obyek, tentu memiliki latar belakang cerita yang panjang. Dari sebuah benda yang fungsional, hingga kemudian ber-'evolusi' menjadi sampah (tak fungsional), sampai menempuh perjalanan panjang terkatung-katung di aliran sungai atau lautan dan berakhir mendarat di pantai ini.
.
Memperingati 21 Februari 2017, selamat hari peduli sampah nasional..
Selamat membaca dan bersenang-senang dalam imajinasi..

*Klik foto untuk membaca lengkapnya..